irfano. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Recent Comments

Popular

Pages

Flickr

Iklan

Alt/Text Gambar Alt/text Gambar Alt/Text Gambar IMG-20160211-WA0004"
Pasang Iklan Gratis

Sunday, May 22, 2016

Keistimewahan Bulan Sya'ban

 


Malam Nisfu Sya'ban adalah malam yang menandakan bahwa umat islam akan memasuki bulan ramadhan. Di dunia arab sya'ban juga dikenal dengan nama Lailatul bara'ah yang artinya malam pembebasan, malam berdo'a , malam pengampunan dosa-dosa.

Diperingati malam nisfu sya'ban tidak hanya terjadi di indonesia saja melainkan seluruh dunia, sebab pada malam itu diyakini malam dimana allah akan memberikan keputusannya tentang nasib kita selama 1 tahun ke depan.

Menurut imam al-ghazali malam nisfu sya'ban merupakan malam penuh pertolongan, masih menurut Al-Ghazali di malam ke tiga belas bulan ini allah memberikan tiga syafa'at kepada hamba"nya 2 dan di malam ke empat belas Allah SWT akan memberikan syafa'at sepenuhnya kepada hambanya, lalu pada malam ke lima belas umat islam akan memiliki kebaikan sebab pada malam ke lima belas  catatan amal manusia akan dinaikan ke hadapan Allah.
SWT.

Diriwatkan Nasa'i dan Usama,Bulan Sya'ban merupakan bulan yang biasa dilupakan karena letaknya diantara bulan rajab dan bulan Ramadhan, "bulan sya'ban bulan diangkatnya amalan-amalan. Aku ingin saat amalku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa".

Dikatakan juga oleh Aisyah melalui hadist imam bukhari dan muslim, Rasulullah SAW pada bulan 
sya'ban banyak melakukan puasa sya'ban.

Pada intinya bulan sya'ban adalah bulan persiapan fisik dan mental untuk memasuki bulan ramadhan, maka dari itu pada bulan ini di anjurkan umat muslim untuk memperbanyak amalan-amalan mengingat mulianya bulan sya'ban ini.

0 on: "Keistimewahan Bulan Sya'ban"